Singkil- Guna memperkuat paham Ahlussunah Waljamaah (Aswaja), Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Aceh Singkil melakukan pengkaderan Diklat Terpadu Dasar (DTD) Angkatan I di Pondok Pasantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil Desa Kilangan mulai tanggal 15-17 November 2019.
 
Mufkirul selaku panitia lokal mengatakan, pengkaderan ini merupakan bukti dan komitmen pemuda-pemuda NU di Aceh Singkil untuk terus memperkokoh Ahlussunah Waljamaah.
 
Selain itu juga sebagai pelopor kebangkitan Badan Otonom (Banom) Nahdhatul Ulama di Aceh Singkil
 
Singkil yang notabenya wilayah perbatasan, sekaligus pintu gerbang silang antar kebudayaan dan peradaban, oleh karena itu GP Ansor wajib mencurahkan segenap kemampuan untuk terus menyeimbangi kondisi sosial tersebut. 
 
"Kita harus memperkuat toleransi di Aceh Singkil untuk memperkokoh persatuan," kata Azwar A Gani dari pengurus wilayah GP Ansor Aceh
 
Menurutnya GP Ansor harus memberi kontribusi nyata bagi kemajuan gerak peradaban di Aceh Singkil.
 
Pengkaderan DTD Angkatan I Tahun 2019 PC GP Ansor ini diikuti oleh 50 orang kader dari berbagai latar belakang profesi.
 
Ketua PCNU Aceh Singkil, Ustadz Roesman Hasmy mengatakan GP Ansor Aceh Singkil akan melakukan beberapa terobosan demi membantu gerak kerja organisasi.
 
"Dimana kita akan merekrut peserta perempuan yang akan kita tempatkan di Denwatser (Detasemen Wanita Ansor Serbaguna)," pungkas Ustadz Roesman. (Hab)